Mendhoan Banyumas

Posted: November 5, 2009 in Kuliner

2752896410_f205b127b0

Mendhoan, itulah nama dari tempe yang ukurannya lebih lebar dari ukuran tempe pada umumnya. Makanan yang terbuat dari fermentasi kedelai ini berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Cara membuatnya sama dengan tempe biasa hanya saja ukurannya lebih lebar dan lebih tipis.
Di daerah Purwokerto,Banyumas, banyak sekali penjual makanan ini, baik yang matang maupun yang masih mentah. Untuk yang masih mentah biasanya dikemas dalam wadah yang terbuat dari anyaman bambu atau biasa disebut “besek”. Harga untuk satu besek yang berisi 20 tersebut kira-kira Rp. 20.000 rupiah. Di dalam besek tersebut sudah disertakan tepung berbumbu dan sebotol sambal kecap. Kita tinggal mencampur tempe dengan tepung tersebut dan tidak perlu membuat bumbu sendiri. Agar lebih nikmat, mendoan yang sudah digoreng dimakan saat hangat dengan ditemani cabai atau sambal kecap dan secangkir kopi atau teh panas.

Di pusat oleh-oleh khas Banyumas di daerah Sawangan,Purwokerto dan Sokaraja banyak sekali yang menjual makanan ini,di daerah Baturaden pun tak jarang di temui penjual Mendhoan.Selama masih berada di wilayah Banyumas,tidaklah sulit untuk menjumpai mendhoan yang benar-benar mendhoan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s