Visit Bandungan

Posted: November 5, 2009 in Wisata

Bandungan,Puncaknya Semarang
bbbbbbb
pada akhir pekan banyak warga jakarta yang melepas kepenatan di ibukota dengan berlibur ke puncak,sama dengan warga semarang yang setiap akhir pekan melepaskan kepenatan di bandungan

banyak yang menyebut bandungan sebagai puncaknya semarang,dengan udara yang sejuk pemandangan dari alam pegunungan yang dapat langsung melihat indahnya rawapenig dari atas,wisata belanjanya berupa bunga yang segar dan banyaknya akomodasi yang disediakan menjadikan bandungan tempat favorit bagi warga semarang di setiap akhir pekan
Dari daerah dingin di lereng Gunung Ungaran ini terlihat nun di bawah danau luas bernama Rawapening, serta jajaran gunung yang mengitari wilayah itu seperti Gunung Merbabu, Merapi, Gajahmungkur, dan di kejauhan lagi Sindoro-Sumbing.
Bandungan nyaris memiliki segalanya, kecuali satu: strategi pengembangan pariwisata secara menyeluruh, termasuk penciptaan narasi, mengingat dalam narasi itulah candi di puncak mahameru bisa menjadi kahyangan.
Apa yang tidak ada di Bandungan? Subuh sampai pagi hari sekitar pukul 08.00, pasar bunga di situ disemarakkan aroma gladiol, aster, dahlia, sedap malam, serta krisan yang tengah menjadi ”primadona”. Siang hari, datang pedagang sayur-mayur dengan kol, sawi, berbagai buah-buahan dan umbi-umbian (meski untuk buah, entah mengapa kalau tadinya daerah ini terkenal dengan kelengkengnya, kini yang dijual malah lengkeng bangkok).

Musim bunga di Bandungan
2746392-flower_seller_c_ukirsari-Bandungan

Sekitar lima kilometer dari pasar Bandungan yang menjadi pusat keramaian daerah itu, naik ke lereng Gunung Ungaran, terdapat kompleks Candi Gedongsongo. Candi-candi peninggalan zaman Hindu yang dibangun mengikuti kontur lereng gunung ini memberi inspirasi bukan saja soal hubungan manusia dengan Yang di Atas, tetapi juga problem ruang seperti banyak dibicarakan dalam disiplin-disiplin ilmu mutakhir.

Candi Gedong 9
sunset in gedong 9

bayangan gedong 9 rainy day

Bandungan adalah sebuah kecamatan pemekaran dari Ambarawa, Bawen dan Jambu. Kecamatan Bandungan mulai terbentuk dan diresmikan pada Bulan Januari 2007 dan terdiri dari 1 kelurahan dan 9 desa. Objek-objek wisata di Kecamatan Bandungan tidak berada di 1 tempat tetapi menyebar sesuai dengan karakternya masing-masing.
Di bawah Bandungan berjarak sekitar tujuh kilometer adalah Ambarawa, kota peninggalan kolonial Belanda dan terdapat stasiunkereta api tua, dengan koleksi lokomotif yang dibuat pada awal tahun 1900-an. Kereta uap dari stasiun ini masih bisa digunakan para turis sampai saat ini, melintas dari Ambarawa sampai daerah Jambu yang permai. Ditarik ke radius lebih luas, daerah ini juga masih memiliki kebun kopi peninggalan zaman kolonial, dengan bunga putih-putih seperti melati ketika musim kopi berbunga.
Pada masanya, taruhlah sekitar 25-30 tahun lalu, Bandungan adalah kawasan wisata terkenal, khususnya bagi penduduk Jawa Tengah.
”Dulu, kalau Lebaran, orang tumplek blek di sini,” kata H Abdulloh Purwidodo (54), pemilik Hotel Kediri di Bandungan, yang sekaligus adalah Ketua Badan Pengurus Cabang PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) setempat.
Ia bercerita, dulu Bandungan menjadi tempat wisata karena keberadaan taman wisata yang dibangun Belanda. Di taman seluas empat hektar milik (waktu itu) Djawatan Kereta Api ini terdapat wisma berikut taman yang elegan, tempat bermain anak-anak, dan lain-lain. ”Sampai tahun 1970-an, orang masih bisa menikmati itu semua,” tutur dia.

Selain itu,gemerlap malam di Bandungan juga tak kalah eksotis dengan Puncak Pass Bogor,Baturraden Purwokerto,maupun Selecta(Batu,Malang).Fasilitas penginapan,cafe,tempat karaoke bertebaran di sini,melengkapi kecantikan malam di Bandungan

Susan SPA building night
susan spa building night

Pool
pool

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s